Tujuan

Tujuan SMP Negeri 1 Delanggu diwujudkan dalam bentuk realisasi misi sekolah sebagai berikut:

Misi ke-1

Mewujudkan pendidikan yang menghasilkan lulusan yang memiliki perilaku yang mencerminkan sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berkarakter, jujur, peduli,  bertanggungjawab, pembelajar sejati sepanjang hayat, dan sehat jasmani dan rohani

Tujuan dari misi ke-1 di atas adalah sebagai berikut:

1.

Terwujudnya pendidikan yang menghasilkan lulusan yang memiliki perilaku yang mencerminkan sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berkarakter, jujur, peduli,  bertanggungjawab, pembelajar sejati sepanjang hayat, dan sehat jasmani dan rohani;

Misi ke-2

Mewujudkan pendidikan yang menghasilkan lulusan yang mampu mengaitkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional

 

Tujuan dari misi ke-2 di atas adalah sebagai berikut:

 

1.

Terwujudnya pendidikan yang menghasilkan lulusan yang mampu mengaitkan  pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional

 

2.

Tercapainya rata-rata nilai UN > 80 dan setiap tahun mengalami kenaikan sebesar 0,25

 

3.

tercapainya menjuarai  dalam berbagai lomba, dibidang akademik dan non akademik

Misi ke-3

Mewujudkan pendidikan yang menghasilkan lulusan memiliki keterampilan berpikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan Komunikatif melalui pendekatan ilmiah sesuai dengan yang dipelajari dan dari sumber lain secara mandiri

 

Tujuan dari misi ke-3 di atas adalah sebagai berikut:

 

1.

Terwujudnya pendidikan yang menghasilkan lulusan memiliki keterampilan berpikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan Komunikatif melalui pendekatan ilmiah sesuai dengan yang dipelajari dan dari sumber lain secara mandiri

Misi ke-4

Melaksanakan pemenuhan  perangkat pembelajaran  disesuaikan dengan rumusan kompetensi lulusan

 

Tujuan dari misi ke-4 di atas adalah sebagai berikut:

 

1.

Terwujudnya Perangkat pembelajaran yang memuat karakteristik kompetensi sikap, karakteristik kompetensi keterampilan, karakteristik kompetensi pengetahuan menyesuaikan ruang lingkup materi pembelajaran dan tingkat kompetensi siswa

Misi ke-5

Melaksanakan KTSP yang dikembangkan sesuai prosedur

 

Tujuan dari misi ke-5 di atas adalah sebagai berikut:

 

1.

Terwujudnya pelibatkan pemangku kepentingan dalam penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

 

2.

TerwujudnyaMemiliki perangkat kurikulum tingkat satuan pendidikan yang dikembangkan

Misi ke-6

Melaksanakan Kurikulum sesuai ketentuan

 

Tujuan dari misi ke-6 di atas adalah sebagai berikut:

 

1.

Terwujudnya ketersediaan alokasi waktu pembelajaran sesuai struktur kurikulum yang berlaku

 

2.

Terwujudnya penyelenggaraan aspek kurikulum pada muatan lokal

Misi  ke-7

Melaksanakan perencanan proses pembelajaran sesuai ketentuan

 

Tujuan dari misi ke-7 di atas adalah sebagai berikut:

 

1.

Terlaksananya Perencanaan Proses Pembelajaran yang mengacu pada silabus yang telah dikembangkan

 

2.

Terlaksananya Perencanaan Proses Pembelajaran yang mengarah pada pencapaian kompetensi

 

3.

Terlaksananya Perencanaan Proses Pembelajaran dengan lengkap dan sistematis

 

4.

Terlaksananya Perencanaan Proses Pembelajaran yang mendapat evaluasi dari kepala sekolah dan pengawas sekolah

Misi ke-8

Melaksanakan proses pembelajaran dengan tepat

 

Tujuan dari misi ke-8 di atas adalah sebagai berikut:

 

1.

Terlaksananya Proses Pembelajaran Membentuk rombongan belajar dengan jumlah siswa sesuai ketentuan

 

2.

Terlaksananya pengelolaan kelas sebelum memulai pembelajaran

 

3.

Terlaksananya pengelolaan peserta didik mencari tahu

 

4.

 Terlaksananya penggunaan pendekatan ilmiah

 

5.

Terlaksananya pembelajaran berbasis kompetensi

 

6.

Terlaksananya pembelajaran terpadu

 

7.

Terlaksananya  pembelajaran dengan jawaban yang kebenarannya multi dimensi

 

8.

Terlaksananya keterampilan aplikatif

 

9.

Terlaksananya pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik sebagai pembelajar sepanjang hayat

 

10.

Terlaksananya penerapkan prinsip bahwa siapa saja adalah guru, siapa saja adalah siswa, dan di mana saja adalah kelas

 

11.

Terlaksananya pengakuan atas perbedaan individual dan latar belakang budaya peserta didik

 

12.

Terlaksananya pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran

 

13.

Terlaksananya penggunakan aneka sumber belajar

 

14.

Terlaksananya pengelolaan kelas saat menutup pembelajaran

Misi ke-9

Melaksanakan pengawasan dalam proses pembelajaran

 

Tujuan dari misi ke-9 di atas adalah sebagai berikut:

 

1.

Terlaksananya  pemantauan proses pembelajaran

 

2.

Terlaksananya proses pembelajaran kepada guru

 

3.

Terlaksananya evaluasi proses pembelajaran

 

4.

Terlaksananya tindaklanjut hasil pengawasan proses pembelajaran

Misi ke-10

Melaksanakan aspek penilaian sesuai ranah kompetensi

 

Tujuan dari misi ke-10 di atas adalah sebagai berikut:

 

1.

Terlaksananya penilaian yang mencakup ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan

 

2.

 Terlaksananya  bentuk pelaporan sesuai dengan ranahnya

Misi ke-11

Melaksanakan teknik penilaian obyektif dan akuntabel

 

Tujuan dari misi ke-11 di atas adalah sebagai berikut:

 

1.

Terlaksananya penggunaan jenis teknik penilaian yang obyektif dan akuntabel

 

2.

Terlaksananya perangkat teknik penilaian lengkap

Misi ke-12

Melaksanakan tindak lanjut penilaian

 

Tujuan dari misi ke-12 di atas adalah sebagai berikut:

 

1.

Terlaksananya pelaporan penilaian secara periodik

 

2.

Terlaksananya tindaklanjut hasil pelaporan penilaian

Misi ke-13

Melaksanakan instrumen penilaian sesuai aspek

 

Tujuan dari misi ke-13 di atas adalah sebagai berikut:

 

1.

Terlaksananya penggunaan instrumen penilaian aspek keterampilan

 

2.

Terlaksananya penggunaan instrumen penilaian aspek pengetahuan

 

3.

Terlaksananya penggunaan instrumen penilaian aspek sikap

Misi ke-14

Melakukan penilaian sesuai prosedur

 

Tujuan dari misi ke-14 di atas adalah sebagai berikut:

 

1.

Terlaksananya penilaian berdasarkan penyelenggara sesuai prosedur

 

2.

Terlaksananya penilaian berdasarkan ranah sesuai prosedur

Misi ke-15

Melaksanakan pemenuhan tentang ketersediaan dan kompetensi guru sesuai ketentuan

 

Tujuan dari misi ke-15 di atas adalah sebagai berikut:

 

1.

Terwujudnya Rasio guru kelas terhadap rombongan belajar seimbang

Misi ke-16

Melaksanakan pemenuhan tentang ketersediaan dan kompetensi Kepalan Sekolah sesuai ketentuan

 

Tujuan dari misi ke-16 di atas adalah sebagai berikut:

 

1.

Terwujudnya kompetensi kepala sekolah yang berkualifikasi minimal S1

 

2.

Terwujudnya  kepala sekolah berpangkat minimal III/c atau setara

 

3.

Terwujudnya kepala sekolah berusia sesuai kriteria saat pengangkatan

 

4.

Terwujudnya  kepala sekolah berkompetensi kepribadian,  kewirausahaan, manajerial,  sosial dan supervisi minimal baik

Misi ke-17

Melaksanakan pemenuhan tentang ketersediaan dan kompetensi tenaga kependidikan  Sekolah sesuai ketentuan

 

Tujuan dari misi ke-17 di atas adalah sebagai berikut:

 

1.

Terwujudnya  Tenaga Pelaksana Urusan Administrasi berpendidikan sesuai ketentuan

 

2.

Terwujudnya  Tenaga Laboran

 

3.

Terwujudnya Tenaga Pelaksana Urusan Administrasi

 

4.

Terwujudnya Tenaga Pustakawan

 

5.

Terwujudnya Tenaga Teknisi Laboran

Misi ke-18

Melaksanakan pemenuhan tentang kapasitas dan daya tampung sekolah yang memadai

 

Tujuan dari misi ke-18 di atas adalah sebagai berikut:

 

1.

Terwujudnya kapasitas rombongan belajar yang sesuai dan memadai

 

2.

Terwujudnya Rasio luas lahan sesuai dengan jumlah siswa

Misi ke-19

Melaksanakan pemenuhan tentang kepemilikan sarana dan prasarana pembelajaran yang lengkap

 

Tujuan dari misi ke-19 di atas adalah sebagai berikut:

 

1.

Terwujudnya  ruang kelas sesuai standar

 

2.

Terwujudnya  ruang perpustakaan yang layak pakai

 

3.

Terwujudnya  ruang kelas sesuai standar

Misi ke-20

Melaksanakan pemenuhan tentang kepemilikan sarana dan prasarana pendukung yang lengkap

 

Tujuan dari misi ke-20 di atas adalah sebagai berikut:

 

1.

Terwujudnya jamban sesuai standar

Misi ke-21

Melaksanakan perencanaan pengelolaan

 

Tujuan dari misi ke-21 di atas adalah sebagai berikut:

 

1.

Terwujudnya visi, misi, dan tujuan yang jelas sesuai ketentuan

 

2.

Terwujudnya rencana kerja sekolah ruang lingkup sesuai ketentuan

 

3.

Terwujudnya n pemangku kepentingan sekolah dalam perencanaan pengelolaan sekolah

Misi ke-22

Melaksanakan program pengelolaan sesuai ketentuan

 

Tujuan dari misi ke-22 di atas adalah sebagai berikut:

 

1.

Terwujudnya i pedoman pengelolaan sekolah lengkap

 

2.

Terwujudnya kegiatan layanan kesiswaan

 

3.

Terwujudnya dayaguna pendidik dan tenaga kependidikan

 

4.

Terwujudnya kegiatan evaluasi diri

 

5.

Terwujudnya kemitraan dan melibatkan peran serta masyarakat serta lembaga lain yang relevan

 

6.

Terwujudnya pengelolaan bidang kurikulum dan kegiatan pembelajaran

Misi ke-23

Melaksanakan kinerja yang baik bagi Kepala Sekolah

 

Tujuan dari misi ke-23 di atas adalah sebagai berikut:

 

1.

Terwujudnya jiwa kewirausahaan

 

2.

Terwujudnya kepribadian dan bersosialisasi dengan baik

 

3.

Terwujudnya supervisi dengan baik

 

4.

Terwujudnya pengembangan sekolah dengan baik

Misi ke-24

Melaksanakan pengelolaan sistem informasi manajemen

 

Tujuan dari misi ke-24 di atas adalah sebagai berikut:

 

1.

Terwujudnya sistem informasi manajemen sesuai ketentuan

Misi ke-25

Melaksanakan pemenuhan beban operasional

 

Tujuan dari misi ke-25 di atas adalah sebagai berikut:

 

1.

Terlaksananya biaya operasional non personil sesuai ketentuan

Misi ke-26

Melaksanakan pengelolaan dana dengan baik

 

Tujuan dari misi ke-26 di atas adalah sebagai berikut:

 

1.

Terlaksananya laporan pengelolaan dana

 

2.

Terlaksananya laporan yang dapat diakses oleh pemangku kepentingan

 

3.

Terlaksananya  alokasi dana yang berasal dari APBD / APBN / Yayasan / sumber lainnya